Membongkar Kebiasaan Lama, Kenapa tidak?

downloadSecara gak sengaja pas membaca di seword.com ada artikel menarik yang ditulis oleh Alan Risandi yang berjudul membongkar kebiasaan lama, how long it be? alias berapa lama akan berhasil.

dalam dunia pengembangan diri, boleh dicari atau di tanya ke mbah google kalau gak percaya. Bahwa untuk membentuk kebiasaan baru itu membutuhkan sekitar 21 sampai 28 hari. Entah itu untuk menghentikan kebiasaan merokok, menurunkan berat badan, berolahraga setiap hari dan program-program positif lainnya. Termasuk mengubah kebiasaan belajar itu membutuhkan waktu sekitar itu (21 s/d 28 hari) untuk membiasakannya.

Bagi kalian yang tidak terbiasa belajar, mungkin artikel ini bisa memberi suntikan semangat kepada kalian. Jadi, sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan lama dan membentuk kebiasaan baru?

Sebelum itu, mari kita simak sejarah singkat munculnya mitos 21 hari ini. Mitos 21 hari bermula dari sebuah buku berjudul Psycho-Cybernetics yang ditulis oleh Dr. Maxwell Maltz (ahli bedah plastik) pada tahun 1960. Ia mengamati bahwa seseorang yang diamputasi memerlukan waktu sekitar 21 hari untuk beradaptasi terhadap kehilangan anggota tubuhnya. Berdasarkan hasil tersebut, Dr. Maxwell Maltz berkesimpulan bahwa manusia membutuhkan waktu sekitar tiga minggu untuk beradaptasi terhadap perubahan di dalam hidupnya. (Saya tidak menganjurkan Anda melakukan pembuktian dengan mengamputasi bagian tubuh Anda sendiri ataupun orang lain!).

Pada tahun 2010 dilakukan sebuah penelitian  yang dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology. Phillippa Lally dan peneliti lain dari University College London merekrut 96 orang yang berminat dalam membentuk suatu kebiasaan baru seperti makan buah-buahan setiap pagi atau berlari selama 15 menit setiap hari. Peserta lalu me-review setiap hari terhadap kebiasaan yang ingin mereka peroleh, apakah kebiasaan tersebut masih “terasa sulit untuk dilakukan” atau dapat “dilakukan tanpa berpikir panjang”.

graph habit

 Setelah dilakukan penelitian terhadap beberapa macam kebiasaan baru yang ingin dibentuk, didapatkan hasil rata-rata kebiasaan baru dapat dilakukan secara otomatis (tanpa berpikir panjang) setelah 66 hari.

Tetapi walaupun menunjukkan rata-rata 66 hari, terdapat juga variasi dalam waktu yang dibutuhkan untuk kebiasaan baru menjadi kebiasaan yang otomatis, antara 18 hari sampai dengan 254 hari. Dapat dilihat dari gambar  diatas, untuk kebiasaan meminum segelas air setiap hari dapat diperoleh dengan cepat, tapi untuk melakukan 50 sit-up sebelum sarapan membutuhkan usaha yang lebih banyak. Para peneliti juga menemukan bahwa kehilangan 1 hari tidak menghambat proses pembentukan kebiasaan baru.

Jadi jika kalian ingin merubah kebiasaan belajar kalian, silahkan buat program bagaimana memulainya. Tentunya yang pertama kali dilakukan adalah kalian berjanji dengan diri kalian sendiri bahwa program ini akan dijalani sepenuhnya, tidak boleh dilanggar sama sekali. Kalau tekad sudah bulat (tidak lonjong, tidak kotak dsb), mulailah buat program dengan sederhana, misalkan dijadwal untuk hari pertama 15-20 menit dimulai setelah shalat maghrib (buat yang muslim)dengan cara membaca buku pelajaran kalian, buku apapun itu.

Selanjutnya tingkatkan durasi belajar kalian tahap demi tahap, mulai dari 15-20 menit menjadi 1 jam hingga dua jam tergantung porsi yang sesuai dengan ukuran kalian sendiri hingga akhirnya sampai 21 hari kedepan terjalani. Silahkan dikoreksi sampai di hari keberapa kalian mulai merasakan perasaaan aneh kalau tidak belajar, karena setiap individu tentunya memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

dan pasti ini sesuatu yang sulit dilakukan diawal-awal, karena memang sesuai dengan judulnya “membongkar kebiasaan lama”, Penulis pernah melakukan hal ini, dan terasa sangat sangat berat dan malas. Tetapi setelah di jalani satu minggu mulai terasa enak loh, dan kemudian mulai menjadi kebiasaan setelah sekitar 2 minggu program berjalan. Sampai ahirnya terkadang muncul perasaan bersalah jika nggak ngelakuin kebiasaan itu, aneh ya.. tapi kalian gak usah kepo lah ya itu program yang dilakuin penulis itu apa hihihi..

Apakah harus selama itu? Jika kebiasaan baru yang ingin Anda peroleh merupakan kebiasaan yang agak rumit, mungkin saja 66 hari itu tidak cukup dan membutuhkan waktu yang lebih banyak lagi sebelum kebiasaan itu menjadi kebiasaan yang otomatis. Dan jika memang untuk kehidupan yang lebih baik, sepertinya itu adalah “harga” yang wajar. Kecuali kebiasaan baru yang hendak Anda capai hanya sebatas minum beberapa gelas air setiap hari tentu tidak dibutuhkan waktu yang lama :p

Oke vroh

Semoga memberi manfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s