Perbandingan Vektor

vektor-30-638Selamat datang dipostingan yang terbaru, Kali ini Penulis akan membahas materi kelanjutan dari bab vektor. Materi vektor ini sebenarnya tidak terlalu susah, ini lebih ke pergerakan titik dari satu tempat ke tempat lainnya pada koordinat kartesius. Kalian cukup membayangkan bahwa dunia ini adalah sebuah koordinat, dimana kita disuruh melangkah dari satu titik ke titik lain tetapi dengan syarat langkah yang dipilih hanya boleh kanan atau kiri atau atas atau bawah, tidak boleh serong atau melangkah secara diagonal.

Contoh masalah seperti ini:

Niko pergi dari rumah ke sekolahnya dengan berjalan kaki melintasi sebuah jalan yang lurus. Jika saat ini, ia telah meninggalkan rumah sejauh m meter dan ia harus menempuh jarak n meter lagi untuk tiba di sekolah, maka perbandingan jarak yang telah ditempuh dengan jarak yang belum ditempuhnya adalah m : n.

Posisi rumah Niko adalah P, Posisi sekolah adalah Q, Posisi Niko saat ini adalah N, maka dapat dituliskan PN : NQ = m : n.

1

Dari perbandingan ini, kalian dapat menyatakan titik N sebagai vektor posisi n dalam vektor posisi titik P dan Q. Caranya sebagai berikut.

2

3

bagaimana ? pasti makin bingung ya, hehe.. dibawah ini ada beberapa video yang akan menjelaskan tentang perbandingan dalam vektor. (Maaf jika penulis masih mengambil skrinsut dari file pdf, dikarenakan penulis kesulitan untuk menulis equation di blog ini.. T.T)

Semoga memberi manfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s